Penulisan Laporan Magang SD Muhammadiyah # Ambarketawang
LAPORAN
KEGIATAN INDIVIDU
PROGRAM MAGANG I
DI SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA
Dosen
Pengampu:
Arif Humaini ,S.S., M,Hum.
Arif Humaini ,S.S., M,Hum.
Disusun
oleh:
Maya
Lailatussaidah : 20160820015
PENDIDIKAN
BAHASA ARAB
FAKULTAS
PENDIDIKAN BAHASA
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2017/2018
DAFTAR
ISI
BAB I
PENDAHULUAN
I. Latar Belakang
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 14 tahun 2005 mengamanatkan bahwa guru harus memiliki kompetensi
professional, pedagogik, kepribadian dan sosial sesuai dengan bidang studi dan
keilmuan yang terkait. Dalam rangka menyiapkan calon guru yang memiliki kompetensi
tersebut perlu dilakukan upaya
peningkatan, antara lain peningkatan awal siswa baru, peningkatan kompetensi
guru, pengembangan isi kurikulum, peningkatan kuaalitas pembelajaran dan
penilaian hasil belajar siswa , penyediaan bahan ajar yang memadai, dan
penyediaan sarana belajar.
Dan sebagaimana kita ketahui bersama,
semakin hari tingkat pengangguran semakin tinggi, semakin banyak, bahkan tidak
sedikit sarjana yang menjadi pengangguran. Salah satu
landasan yang menjadi penyebabnya adalah kesarjanaan mereka tidak dibarengi
dengan pengalaman, keahlian sebagai seorang guru
yang dapat diandalkan untuk memasuki dunia kerja.
Seiring perkembangnya zaman,
teknologi dan ilmu pengetahuan menjadi sebuah keharusan untuk bersaing dalam
dunia kerja dengan cara meningkatkan kualitas SDM
yang memiliki kualitas ilmu pengetahuan, kepribadian,
keterampilan yang baik serta dapat terapkan dalam pengabdiannya kepada
pemerintah dan masyarakat dalam bidang pekerjaan yang digelutinya khusunya dalam dunia pendidikan yang lebih
baik. Dalam era serba modern ini, maka mahasiswa dituntut untuk lebih
maju dengan cara meningkatkan kualitas SDM secara
mutlak. Para mahasiswa harus memiliki kualitas dan kepribadian tersebut dan salah satu perwujudannya adalah melalui program magang.
Dengan magang, mahasiswa dapat
mengaplikasikan langsung teori-teori
yang didapatnya dibangku perkuliahan dengan keterlibatan langsung pada
pekerjaan yang menuntut rasa tanggung jawab atas pekerjaannya sehingga akan
tercipta seorang pendidik yang bermutu
dan berkualitas. Melalui kegiatan magang ini, mahasiswa berkesempatan untuk
mengembangkan pola pikir, memberikan ide-ide yang berguna serta dapat menambah
pengetahuannya dengan begitu penulis lebih memiliki rasa disiplin dan
bertanggung jawab dengan apa yang dilimpahkan kepadanya.
Pengalaman kegiatan magang mahasiswa
yang dilaksanakan di sekolah ini akan
sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk menambah kecakapan profesional, personal
dan sosial mahasiswa untuk menjadi calon pendidik.
II. Tujuan Pelaksanaan Magang
1. Pengamatan langsung kultur sekolah
2. Pengamatan untuk membangun Kemampuan Kompetensi
dasar calon guru dari segi Pedagogik,
Kepribadian dan Sosial
3. Pengamatan untuk karakteristik
peserta didik di lapangan
4.
Menelaah
kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru
5.
Menelaah
strategi pembelajaran
6.
Menelaah
sistem evaluasi
7.
Untuk
memenuhi salah satu tugasdi mata kuliah wajib di semester 4 ini.
III. Manfaat Pelaksanaan Magang
1.
Manfaat Bagi Sekolah:
a.
Membangun kesadaran warga sekolah untuk
lebih memperhatikan keadaan sekolah agar proses pembelajaran dapat berjalan
lebih kondusif, efisien dan efektif.
b.
Memebri kesempatan sekolah untuk dapat
membantu menyiapkan calon guru yang professional.
2.
Manfaat Bagi Mahasiswa:
a.
Menambah pemahaman kepada mahasiswa tentang
keadaan sekolah
b.
Mahasiswa memperoleh pengalaman untuk
mengamati lingkungan sekolah
c.
Mahasiswa dapat mengembangkan teori ke
dalam praktek saat proses observasi
d.
Mahasiswa dapat memepersiapkan diri manjadi
guru yang professional
BAB II
GAMBARAN UMUM SEKOLAH
A. PROFIL SEKOLAH
Nama Sekolah: SD Muhammadiyah
Ambarketawang 3 Yogyakarta
Kepala Sekolah: Purwanto
NPSN : 20401481
Status : Swasta
Akreditasi: B
Bentuk Pendidikan : SD
Status Kepemilikan : Yayasan
SK Pendirian Sekolah : 3015/L.1923/DIY.72/77
Tanggal SK Pendirian : 1972-06-01
SK Izin Operasional : 3015/L.1923/DIY.72/77
Tanggal SK Izin Operasional : 1972-06-01
Alamat : Gamping Kidul
RT / RW : 7 / 13
Dusun : Gamping Kidul
Desa / Kelurahan : Ambarketawang
Kecamatan : Kec. Gamping
Kabupaten : Kab. Sleman
Provinsi : Prov. D.I. Yogyakarta
Kode Pos : 55294
Lintang : -7.8018000
Bujur : 110.3290000
Telepon : 02744342788
Email : tipunk75@yahoo.co.id
Website : http://www.sdmuh3ambarketawang.sch.id
A. DATA SARANA PRASARANA
a.
Ruang kelas : 12 ruang
b.
Ruang Laboratorium: 1 ruang
c.
Ruang Perpustakaan : 1
ruang
d.
Kamar Mandi / WC : 5
buah
B. TENAGA PENGAJAR DAN PESERTA DIDIK
a. Jumlah guru : 15 guru
b. Siswa Laki-laki : 145 siswa
c. Siswa Perempuan ; 161 siswa
C. VISI DAN MISI SEKOLAH
1. Mengembangkan nilai-nilai agama islam, iman, dan taqwa kepada Allah
SWT.
2. Menciptakan lingkungan sekolah yang islami, bersih, disiplin dan
menjunjung tinggi rasa ukhuwah islamiyah.
3. Melaksanaan pembelajaran PAKEM dan bimbingan secara intensif untuk
mencapai tingkat ketuntasan dan daya serap yang tinggi sehingga siswa dapat
masuk SMP sesuai pilihannya.
4. Melaksanakan bimbingan pelayanan bakat guna membantu siswa untuk
mengenali potensi dirinya dengan memberikan wadah dalam kegiatan
ekstrakulikuler
5. Melaksanakan pembelajaran bahasa inggris dan arab guna menyiapkan
siswa dalam menghadapi persaingan dunia global.
6. Menumbuhkembangkan rasa disiplin, cinta seni, terampil sehingga
mampu berkarya dan berkreasi.
7. Membiasakan hidup sederhana, akhlaq mulia, menghargai pendapat dan
berperilaku jujur.
BAB III
PELAKSANAAN MAGANG
1. Deskripsi proses pelaksanaan magang
a.
Pembekalan Magang:
Pembekalan Magang I ini merupakan program tentang proses pengarahan magang selama di Sekolah Dasar.
Pembekalan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2018 yang bertempat di Gedung
K.H Ibrahim ruang kelas E.7 405 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan pembekalan magang ini sekaligus memberikan sosialisasi
dan pembekalan itu sendiri kepada mahasiswa magang, dosen pembimbing.
b.
Penerjunan ke Sekolah:
Penyerahan mahasiswa magang 1 ini dilakukan pada tanggal 16 Maret 2018 tanpa didampingi oleh dosen pembimbing mata kuliah ini dikarenakan
suatu hal. Yang kemudian diterima oleh pihak SD Muhammadiyah Ambarketawang 3
Yogyakarta. Selesai acara penyerahan ini,
bersama kepala sekolah dan guru pengempu pelajaran Bahasa Arab di sekolah
tersebut melakukan sosialisasi dengan dewan
guru lainnya dan siswa.
Selanjutnya, langsung melaksanakan kegiatan observasi lingkungan SD
Muhammadiyah Ambarketawang 3 Yogyakarta didampingi oleh guru pengempu pelajaran
Bahasa Arab.
c.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan:
Tempat
pelaksanaan magang 1, dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Ambarketawang 3 Yogyakarta.
Waktu pelaksanaan kegiatan magang 1,
dilaksanakan setiap hari Jumat, dari tanggal 23 Maret 2018 sampai dengan
tanggal 2 Juni 2018. Berada di sekolah dari pukul 06.30 WIB sampai dengan pukul
11.30 WIB.
d. Perangkat
Materi Bahan Ajar
Sesuai dengan ciri khas SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 Yogyaarta sebagai
lembaga pendidikan berbasis keislaman, maka muatan lokal di SD Muhammdiyah
Ambarketawang 3 Yogyakarta dikembangkan dengan mengacu pada kurikulum yang dikembangkan oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Yogyakarta dan disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa di wilayah
Yogyakarta. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka mata pelajaran muatan local
ditetapkan sebagai tentang: Keislaman, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa
Daerah (Bahasa Jawa), Keterampilan Komputer.
Perumusan indikator Kesesuaian SK,
KD, indikator, dan alokasi waktu sudah sesuai. SK merupakan merupakan kualifikasi
kemampuan minimal peserta didik yang mengambarkan penguasaan pengetahuan,
sikap, keterampilan yang diharapkan dicapai siswa pada suatu mata pelajaran. KD
merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dan sebagai
rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran Di dalam RPP
tercantum SK, KD dan Indikator harus sesuai.
Komponen perumusan tujuan
pembelajaran pada kesesuaian dengan proses dan hasil belajar yang diharapkan
dicapai sudah sesuai seluruhnya. Sedangkan pada kesesuaian dengan kompetensi
dasar dan indikator masih sesuai. Pemilihan materi ajar pada RPP yang ditelaah,
kesesuaian dengan tujuan pembelajaran masih sesuai sebagian. Materi ajar di RPP
terdapat materi yang akan diberikan pada satu tahun pembelajaran tersebut.
Materi tersebut juga tercantum dalam tujuan pembelajaran. Sehingga
pemilihan materi ajar dengan tujuan pembelajaran masih sesuai. Pemilihan materi
ajar dengan kesesuaian karakteristik peserta didik sudah sesuai seluruhnya.
Pada RPP sudah dicantumkan beberapa karakteristik yang diintegrasikan untuk
peserta didik. Karakteristik tersebut harus dimiliki peserta didik pada saat
proses belajar berlangsung sehingga pembelajaran akan berlangsung sesuai dengan
yang diharapkan tercapai. Sedangkan untuk kesesuaian dengan alokasi waktu sudah
sesuai seluruhnya. Hal ini ditunjukkan dengan adanya alokasi waktu jam
pelajaran yang mencukupi untuk materi yang akan disampaikan oleh guru.
Hasil wawancara saya terhadap guru bahasa Arab
di sekolah ini bahwa dalam proses pembelajaran bahasa Arab, guru
mengembangkan bahan ajar berupa penggunaan LKS, modul, dan media audio
visual. Guru memberikan materi yang ada pada
buku guru, dan untuk melengkapi bahan ajar guru juga mengambil
materi dari berbagai modul yang sesuai. Selain itu juga guru juga memanfaatkan
fasilitas dari sekolah, yaitu proyektor dan LCD yang
langsung dapat diterima kepada siswa melalui layar LCD dalam bentuk video ataupun audio untuk lebih
memberi pemahaman siswa tentang materi pelajaran tersebut.
Di era modern seperti saat ini perlu adanya pemanfaatan positif
terhadap teknologi, tentunya dari pihak sekolah harus mendukung dengan
memberikan sarana dan prasarana yang memadai sehingga dapat menunjang jalannya
proses pembelajaran.
Selain itu juga, guru bahasa Arab di
sekolah tersebut juga menggunakan beberapa media lainnya dalam pembelajaran
bahasa Arab seperti media gambar, media kelompok belajar dan beberapa media
permainan lainnya yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik
siswa untuk mendukung proses pembelajaran bahasa Arab.
2. Pengamatan/Pengalaman Suasana Pembelajaran di Kelas
Saya tidak melakukan pengamatan di kelas VI
pelajaran bahasa Arab di karenakan pada hari itu, siswa kelas VI tersebut
diliburkan untuk persiapan Ujian Nasional dan saya hanya melakukan pengamatan
di kelas 4 di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 Yogyakarta untuk menggantikan
guru pelajaran Bahasa Indonesia di kelas tersebut. Suasana pembelajaran di
kelas kurang kondusif. Karena guru kelas
tersebut hanya memberikan tugas dan kelas ditinggalkan dikarenakan ada rapat
dengan dewan guru lainnya. Maka dengan begitu, menjadikan kelas tidak
terkondisikan dan proses pembelajaran tidak berjalan secara kondusif. Para
siswa pun bingung jika menemukan pertanyaan dari tugas tersebut yang sulit
karena tidak ada tempat bagi mereka untuk bertanya dan berdiskusi.
3. Pembahasan hasil pelaksanaan program
a. Keberhasilan-keberhasilan yang dialami mahasiswa dalam pelaksanaan Magang:
Magang I yang dilakukan di SD Muhammadiyah
Ambarketwang 3 Yogyakarta mulai tanggal
23 Maret 2018 sampai dengan 2 Juni 2018 telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal
yang telah ditentukan. Kami kurang mendapatkan
data atau informasi yang efektif yang sesuai dengan situasi dan kondisi di SD tersebut. Dikarenakan pelaksanaan magang hanya di
lakukan seminngu sekali dan harus bergilir bergantian per kelompok. Serta banyaknya hari libur
di hari pelaksanaan magang, menjadikan kurangnya waktu bagi mahasiswa untuk
benar-benar melakukan program magang. Namun, akhirnya
kami bisa menyelesaikan kegiatan magang ini sesuai yang waktu yang telah disepakati.
Dalam pelaksanaan magang ini kami banyak
mendapat pengalaman yang tidak terduga bagi kami dan juga penting bagi kami
antara lain:
·
Kami
dapat merasakan dan memahami betapa sulitnya menjadi seorang guru
SD yang profesional, suka duka dalam
mengembangkan tugas sebagai peserta didik.
·
Kami
juga dapat mengenal kondisi fisik, proses belajar mengajar, dan keadaan yang
sebernarnya di SD Muhammadiyah Ambaketawang 3 Yogyakarta ini.
·
Kami dapat langsung berhadapan langsung
dengan siswa dalam kelas
·
Dapat mengetahui langsung
karakteristik anak SD yang beragam dan unik. Dan masih banyak lagi pengalaman
kami yang berguna dari SD Muhammadiyah
Ambaketawang 3 Yogyakarta yang berguna untuk kami. Sehingga memberikan kami
motivasi bagi kami untuk terus belajar dan memahami bagaimana menjadi guru yang
professional dan terbaik bagi siswa kami nanti.
b. Kendala-kendala yang dialami mahasiswa dalam pelaksanaan Magang:
1. Terbatasnya Waktu Magang 1
Karena sekolah tempat kami magang sedang ada ulangan akhir semester dan
bertepatan dengan hari-hari libur nasional dan hari libur awal puasa jadi waktu magang menjadi berkurang dan efek
magang kepada kami terasa kurang kondusif.
2.
Sulitnya menemui Narasumber
Hal ini kami selesaikan dengan mencoba mencari info-info lain mengenai
sekolah ini yang kurang lebih dapat membantu kami dalam menyelesaikan laporan
ini.
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Berdasarkan hasil observasi magang 1 dapat kami simpulkan
bahwa SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 Yogyakarta memiliki Visi, Misi dan Tujuan yang sesuai
sebagai sekolah yang berbasis islam, serta menerapkan Kurikulum sesuai dengan
Standar Pendidikan dan karakter sekolah sehingga menghasilkan lulusan yang
berpotensi baik dan unggul. Dari segi fisik sekolah, SD Muhammadiyah
Ambarketawang 3 Yogyakarta memiliki gedung dan fasilitas yang cukup memadai dan
layak sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Letak sekolah yang berada di
pusat kota mudah untuk dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan
umum, keadaan lingkungan di sekitarnya pun sangat kondusif .Selain itu hubungan
antara warga sekolah sangat baik dan harmonis,baik itu dalam lingkungan sekolah
maupun diluar lingkungan sekolah. Pembelajaran dalam kelas pun cukup baik seperti
sekolah-sekolah pada umumnya. SD Muhammadiyah
Ambarketawang 3 Yogyakarta juga memiliki sejumlah prestasi yang diraih
dalam berbagai kejuaraan baik ditingkat provinsi maupun tingkat Nasional.
B. SARAN
Saran yang dapat kami sampaikan kepada pihak
sekolah adalah sebagai berikut:
1.
Untuk meningkatkan kualitas sekolah alangkah
lebih baiknya jika bangunan sekolah yang sudah lama direnovasi kembali
2.
Fasilitas penunjang seperti alat-alat
perlengkapan laboratorium dan perpustakaan juga lebih baik dilengkapi.
3.
Lebih meningkatkan prestasi dalam hal ilmu
pengetahuan.
Demikian beberapa saran
yang dapat kami sampaikan, dalam penulisan laporan Magang 1 ini masih sangat
sederhana dan banyak kekuranganya, maka dari itu kami sangat mengarapkan saran
dan kritik dari dosen pembimbing guna menyempurnakan laporan Magang 1 ini
menjadi lebih baik lagi.
Komentar
Posting Komentar