RPP DAN MATERI PEMBELAJARAN
RPP DAN MATERI PEMBELAJARAN I
Untuk memenuhi tugas akhir pada mata kuliah:
Desain Pembelajaran
Dosen
Pengempu:
Roojil Fadillah, L.c., M.A,
Roojil Fadillah, L.c., M.A,
Disusun
oleh:
Maya
Lailatussaidah : 20160820015
PENDIDIKAN
BAHASA ARAB
FAKULTAS
PENDIDIKAN BAHASA
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2017/2018
MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 1
RPP ( Rencana Pelaksanaa Pembelajaran)
Satuan : Mts Muhammadiyah 1
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / I (Satu)
Materi
Pokok : فعل الأمر و تصريفه
Jam
Pertemuan : 1 x 40 menit
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar
(KD)
1.
Kompetensi
Inti (KI)
a.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
b.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, santun, percaya diri
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkunagn sosialnya
c.
Memahami
dan menerpakan pengetahuan berdasarkan rasa ingin tahunya terhadap ilmu
pengetahuan, teknologi dan budaya yang kasat mata
d.
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, memodifikasi
dan membuat) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar dan
mengarang) sesuai yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang teori yang sama.
2.
Kompetensi
Dasar (KD)
a. Memahami pengucapan
dan penulisan kata dan kalimat Bahasa Arab serta memahami maknanya dengan baik
dan benar
b. Memahami bacaan yang
berunsur fi’il amri wa tasrifuhu dalam bacaan teks berbahasa Arab
c. Membuat kalimat
dengan mengggunakan kata perintah dalam bahasa Arab dengan baik dan benar.
3. Indikator
a. Siswa mampu menyimak bacaan yang berunsur kata perintah berbahasa Arab
b.
Siswa
mampu membuat kalimat yang berunsur kata perintah dalam Bahasa Arab
c.
Siswa
mampu mengartikan kosa kata atau kalimat dalam bacaan yang berunsur kata perintah dalam Bahasa Arab
d.
Siswa
mampu mengidentifikasi unsur fi’il amri dalam bacaan teks Bahasa Arab
e.
Siswa
mampu mendemonstrasikan percakapan Bahasa Arab yang
berunsurkan kata perintah
dalam Bahasa Arab
4. Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat
membuat kalimat dengan menggunakan kata perintah dalam bahasa Arab dengan baik
dan benar
b. Peserta didik dapat
mengartikan kosa kata tentang kata perintah Bahasa Arab
c. Peserta didik dapat
mengidentifikasi unsur kata perintah Bahasa Arab dalam teks bacaan
d. Peserta didik dapat
mendremontrasikan percakapan yang berunsur kata perintah Bahasa Arab
A. MATERI
AJAR
فعل
الأمر و تصريفه
Fi’il amri adalah kalimat perintah. Kalimat ini
hanya ditujukan kepada dhamir mukhottob atau orang kedua ( orang yang diajak
bicara)
·
Contoh fi’il amri:
الترجمة
|
فعل
الأمر
|
الفعل
المضارع
|
الفعل
الماضى
|
Lihatlah
|
أُنظُرْ
|
يَنْظُرُ
|
نَظَرَ
|
Tulislah
|
أُكْتُبْ
|
يَكْتُبُ
|
كَتَبَ
|
Bacalah
|
إِقْرَأْ
|
يَقْرَأُ
|
قَرَأَ
|
Dengarkanlah
|
إِسْمَعْ
|
يَسْمَعُ
|
سَمِعَ
|
Duduklah
|
إِجْلِسْ
|
يَجْلِسُ
|
جَلَسَ
|
Tunggulah
|
إِنْتَظِرْ
|
يَنْتَظِرُ
|
إِنْتَظَرَ
|
Makanlah
|
كُلْ
|
يَأْكُلُ
|
أَكَلَ
|
·
Bentuk Fi’il amri untuk dhamir أَنْتِ/ أَنْتُمَا/ أَنْتُمْ/ أَنْتُنَّ
adalah sebagai berikut:
الترجمة
|
الجملة
|
الضمير
|
رقم
|
Wahai Aisyah,
duduklah!
|
يَا عَائِشَةُ إِجْلِسِى
|
أَنْتِ
|
1.
|
Wahai 2 Muhammad, duduklah!
|
يَا مُحَمَّدَانِ إِجْلِسَا
|
أَنْتُمَا
|
2.
|
Wahai murid-murid (laki-laki), duduklah!
|
يَا طُلَّابُ إِجْلِسُوْا
|
أَنْتُمْ
|
3.
|
Wahai murid-murid (perempuan), duduklah!
|
يَا طَالِبَاتُ إِجْلْسْنَ
|
أَنْتُنّ
|
4.
|
·
Percakapan
عائشة : يَا خَدِيْجَةُ أُنْظُرِى إِلَى السَّمَاءِ!!
خديجة : مَا أَجْمَلَ هَذَا الْمَنْظَرِ
عائشة : مَاذَا حَمِلْتِ يَا خَدِيْجَةُ ؟
خديجة : أَحْمِلُ الْكْتَابُ جَدِيْدٌ.. هَلْ أَنْتِ
سَتَقْرَئِيْنَ ؟
عائشة : نَعَمْ.. سَأَرَاهُ
خديجة : إِقْرَإِيْ وَ احْمِلِى إِلَى بَيْتْكِ فَلَا
بَأْسَ بِهِ
عائشة : أَيُّوَاه شُكْرًا جَزِيْلًا يَا خَدِيْجَةُ
وَ أَحْمِلُ الطَّعَامَ إِلَيْكِ.. تَفَضَّلِى كَلِى!!
خديجة : شُكْرًا جَزِيْلًا يَا عَائِشَةُ
Penilaian :
Penilaian dalam pemebelajaran
ini dilakukan dengan teknik tes tulis ( yaitu berbentuk jawaban singkat dan
uraian )
·
Latihan-latihan
1.
Apa yang
dimaksud dengan fi’il amri ?
2.
Sebutkan 5
fi’il amri dan buatlah kalimat dari fi’il amri tersebut menggunakan 5 dhamir
yang anda ketahui!
Ø Kunci Jawaban :
1.
Fi’il
amri adalah kalimat perintah. Kalimat perintah ini
hanya ditujukan pada dhamir mukhottob atau orang kedua (yang diajak bicara)
2.
Fi’il
amri:
1-
يَا
أوْلَادِى إِسْبَحُوْا فِى الْبَحْرِ!
2-
أَيُّهَا
حَسَنَةُ تَعَلَّمِى هَذَا الدَّرْسِ جَيِّدًا!
3-
يَا
تِلْمِيْذَاتُ إِجْلْسْنَ فِى مَقْعَدِهِنَّ!
4-
يَا
حُسَيْنِ إِسْمَعْ إِلَى قِرَائَتِى!
5-
يَا
طَالِبَانِ إِرْجِعَا إِلَى الْبَيْتِ فِى السَّاعَةِ الْوَاحِدَةِ!
·
Tugas-tugas
مثال : يَا أوْلَادِى’.... فِى الْبَحْرِ! ( يَسْبَحُ)
: يَا أوْلَادِى
إِسْبَحُوْا فِى الْبَحْرِ!
Lengkapilah kalimat-kalimat di bawah ini dengan menggunakan fi’il
amri yang sesuai, sesuai dengan contoh di atas!
1-
يَا
إِخْوَانُ ...... بِا للُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ ! (يَتَكَلَّمُ)
الإجابة:.............................
2-
أَيُّهَا
حَسَنَةُ ....... هَذَا الدَّرْسِ جَيِّدًا! (يَتَعَلَّمُ)
الإجابة:.............................
3-
يَا حُسَيْنِ
........ إِلَى قِرَائَتِى! (يَسْتَمِعُ)
الإجابة:.............................
4-
يَا
تِلْمِيْذَاتُ ......... فِى مَقْعَدِهِنَّ! (يَجْلِسُ)
الإجابة:.............................
5-
يَا
فَاطِمَةُ .......... الدَّرْسَ جَيِّدًا! (يَكْتُبُ)
الإجابة:.............................
6-
يَا
طُلَّابُ ......... هَذِهِ السَّبُّوْرَةِ! (يَنْظُرُ)
الإجابة:.............................
7-
يَا
مُسْلِمُوْنَ ......... إِلَى الْمَسْجِدِ لِلصَّلَاةِ! (يَذْهَبُ)
الإجابة:.............................
8-
يَا
طَالِبَانِ .......... إِلَى الْبَيْتِ فِى السَّاعَةِ الْوَاحِدَةِ! (يَرْجِعُ)
الإجابة:.............................
Ø Kunci Jawaban:
1-
يَا
إِخْوَانُ تَكَلَّمُوْا بِا للُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ !
2-
أَيُّهَا
حَسَنَةُ تَعَلَّمِى هَذَا الدَّرْسِ جَيِّدًا!
3-
يَا
حُسَيْنِ إِسْتَمِعْ إِلَى قِرَائَتِى!
4-
يَا
تِلْمِيْذَاتُ إِجْلْسْنَ فِى مَقْعَدِهِنَّ!
5-
يَا
فَاطِمَةُ أُكْتُبِى الدَّرْسَ جَيِّدًا!
6-
يَا
طُلَّابُ أُنْظُرُوْا هَذِهِ السَّبُّوْرَةِ!
7-
يَا
مُسْلِمُوْنَ إِذْهَبُوْا إِلَى الْمَسْجِدِ لِلصَّلَاةِ!
8-
يَا
طَالِبَانِ إِرْجِعَا إِلَى الْبَيْتِ فِى السَّاعَةِ الْوَاحِدَةِ!
B.
METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, Demonstratif/Komunikatif,
Drill (Latihan)
C.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
Media Pembelajaran : Kartu
bergambar, bola kertas
Alat : Papan
tulis, spidol
Sumber Belajar : Buku
pegangan Bahasa Arab kelas IX SMP
Muhammadiyah 1
D.
LANGKAH-LANGKAH
DALAM PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
-
Membuka
pembelajaran dengan salam.
-
Guru
memeriksa kesiapan peserta didik dengan berdoa
dilanjutkan membaca Al-qur’an.
-
Guru menanyakan kabar siswa dan memeriksa kehadiran
-
Guru menanyakan materi sebelumnya.
-
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
|
5
menit
|
2
|
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
-
Peserta
didik mengamati pengucapan kosa kata dan penulisan terkait materi فعل الأمر و
تصريفه di
papan tulis dan gambar.
b.
Peserta
didik menirukan pelafalan kosa kata bahasa arab beserta arti tentang فعل الأمر و
تصريفه
c.
Menanya
-
Peserta
didik menanyakan arti kosa kata atau kalimat terkait materi
فعل
الأمر و تصريفه
-
Peserta
didik menanyakan tentang penggunaan فعل الأمر و تصريفه untuk dhamir-dhamir lainnya
d.
Eksplorasi
(mencoba/mencari informasi)
-
Peserta
didik diminta menjawab soal yang dibacakan oleh guru.
-
Peserta
didik diminta untuk berdiskusi bedasarkan kelompoknya untuk mengartikan percakapan
yang berunsur tentang فعل الأمر و تصريفه
-
Peserta
didik diminta untuk membuat kalimat menggunakan فعل الأمر و تصريفه yang telah dipelajari
e.
Mengasosiasi/menalar
-
Peserta
didik menuliskan hasil jawabannya dipapan tulis.
-
Peserta
didik yang selain ditunjuk, mengoreksi jawaban temanya
f.
Mengkomunikasi
-
Perwakilan
kelompok memprkaketkan percakapan yang berisikan tentang فعل الأمر و
تصريفه dan
mengartikan percakapan didepan kelas.
.
|
30menit
|
3
|
Penutup
-
Melakukan
penguatan materi pelajaran hari ini.
-
Guru bersama-sama
peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
-
Menutup
pembelajaran dengan salam.
|
5
menit
|
Yogyakarta, 12 Juni 2018
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, Bahasa
Arab
______________________ Maya
Lailatussa’idah
NIP. ... NIP
20160820015
Assalamualikum min bisa minta tolong kah bisa kirimkan rpp bahasa arab kelas 7 dan 8 untuk smp muhammadiyah
BalasHapus